Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan Asuransi di Inggris dua puluh tahun yang lalu atau di mana pun di dunia, Anda tidak akan pernah mendengar istilah saluran distribusi Internet, kecuali mungkin dalam obrolan santai para pakar dan analis departemen TI di kafetaria perusahaan. .
Hanya ada dua saluran distribusi utama, atau cara untuk memindahkan produk asuransi ke pasar dan Internet sebagai pesaing penjualan dan pemasaran yang serius harus menunggu sepuluh tahun lagi untuk muncul.
Pada saat itu, saluran utama yang digunakan adalah saluran langsung, artinya menghasilkan produk asuransi yang dapat dijual langsung ke masyarakat melalui call center, sehingga mengurangi biaya dan pengeluaran untuk mengelola perantara, dan saluran broker atau perantara.
Saluran pialang dibagi lagi menjadi pialang asuransi, agen, agen terikat, konsultan, sub-broker, agen pengelola Lloyds, dan pasar korporat afinitas.
Kedua saluran tersebut menawarkan proposisi berbeda untuk produk yang sama, bergantung pada cara polis dijual.
Pada saat itu hanya produk asuransi jalur pribadi seperti asuransi mobil dan rumah yang tersedia melalui jalur langsung.
Asuransi komersial dan asuransi bisnis juga dianggap sebagai produk yang terlalu rumit untuk dijual langsung melalui telepon, akan memakan banyak waktu dan memerlukan bank yang memiliki penjamin emisi yang disetujui dan memiliki skrip untuk mengelola saluran telepon, karena tidak ada sistem autoquote asuransi komersial. ada. Akibatnya hampir semua asuransi komersial dijual melalui jalur perantara.
Situasi jalur ganda untuk penjualan, pemasaran dan penyampaian kebijakan asuransi berlanjut hingga Asuransi akhirnya menjadi produk yang dapat diperjualbelikan di Internet. Penawaran paling awal sekitar pergantian abad adalah untuk asuransi jalur pribadi dan hampir tidak ada yang menyebutkan asuransi Komersial, kecuali tombol hubungi kami yang aneh.
Ironisnya ketika asuransi jalur pribadi berkembang pada tahun 1990-an dan menjadi saluran distribusi yang jauh lebih besar, dua saluran langsung dan saluran broker sebelumnya kembali berkembang secara online, kali ini dalam persaingan yang lebih ketat.
Namun baik perusahaan asuransi maupun perantara asuransi terjebak dalam tidur siang ketika saluran distribusi baru muncul di Internet; situs agregator atau perbandingan harga, dan dalam waktu singkat menyumbang lebih dari 90% penjualan asuransi Internet online.
Masyarakat suka membandingkan harga dan fakta bahwa sebagian besar produk lini pribadi dapat melakukan autoquote tanpa campur tangan penjamin emisi, berarti produk tersebut dapat dikumpulkan ke dalam situs perbandingan harga asuransi online, seperti yang kita lihat di mana pun di media saat ini. Ini adalah bukti kesuksesan situs perbandingan sebagai saluran tersendiri.
Sementara itu, Asuransi Komersial masih dalam tahap awal sebagai saluran di Internet, hingga saat ini.
Kelambanan ini terutama disebabkan oleh keengganan perusahaan asuransi umum besar untuk melakukan standarisasi dan autoquote untuk produk komersial. Mereka merasa risikonya terlalu tinggi dan penjamin emisi menolak perubahan tersebut.
Perubahan ini terjadi karena kekuatan pasar ketika saluran Broker mulai menjual produk komersial menggunakan sistem back office yang mendukung web.
Ini berarti bahwa broker asuransi bisnis online dapat mengumpulkan informasi tentang persyaratan asuransi bisnis pada formulir situs web, dan meneruskan data tersebut ke sistem internalnya. Sistem perbandingan back office ini terdiri dari panel perusahaan asuransi dan penyedia yang menyediakan autoquote.
Pemrosesan langsung ke perusahaan asuransi dapat dilakukan melalui EDI atau mekanisme pertukaran data elektronik yang ada.
Bisnis broker tunggal dan proposisi komersial segera menjadi target agregator harga dan situs perbandingan yang besar dan sekarang sangat kaya, yang mulai menawarkan perbandingan asuransi online menggunakan panel broker pada tahun 2009, yang dengan cepat menjadi populer di kalangan usaha kecil.
Perusahaan asuransi komersial komposit besar terpaksa merespons dan tahun lalu merilis serangkaian produk autoquote ke saluran Internet termasuk paket untuk toko, kantor, pub, properti komersial, pedagang, profesional, dan tanggung jawab komersial, dan masih banyak lagi.
Fakta bahwa hampir mustahil untuk menonton televisi lebih dari satu atau dua jam saat ini, tanpa melihat iklan kebijakan tanggung jawab publik dan alat pembuatnya dari dotcom adalah bukti bahwa Internet akhirnya hadir sebagai saluran distribusi asuransi komersial.