Bila Anda tinggal di area tertentu untuk melihat produk/layanan di internet, Anda tentu ingin lebih memilih SERP lokal yang ditampilkan di Google dan alat pencarian web lainnya. Pada dasarnya, SEO lokal adalah serangkaian standar dan arahan berbeda yang digunakan oleh pakar pemasaran digital untuk meningkatkan situs web di area topografi tertentu.
Misalnya, jika Anda meningkatkan situs web Anda untuk pasar lokal, Google akan menampilkan situs web atau halaman-halamannya secara jelas kepada pengunjung lokal terlebih dahulu, kemudian kepada pengunjung yang tinggal di daerah terpencil. Jika Anda menjalankan bisnis lokal di daerah Anda, penting untuk meningkatkan situs web Anda untuk pasar lokal. Namun, bagaimana cara melakukannya? Mari kita cari tahu.
Taruh Alamat Lokal di Situs Web Anda
Google menggunakan detail situs Anda untuk menampilkannya dalam daftar indeks di dekatnya. Dengan cara ini, saat mengoptimalkan situs Anda untuk nama domain tertentu, Anda harus mengikuti aturan Google untuk SEO lokal. Pertama-tama, cantumkan lokasi tempat tinggal di situs Anda yang berisi detail yang terlihat secara fisik dengan nomor telepon rumah/ponsel aktif, dan ID E-mail bisnis. Ini memberi tahu Google dan pengguna tentang lokasi situs Anda yang tepat dan mengelola Anda dengan tepat.
Tingkatkan Informasi Meta dan Label Judul sesuai dengan Lokasi
Semua pakar SEO mengetahui pentingnya Meta Information dan Title Labels untuk SEO. Keduanya memungkinkan indeks web dan pengunjung mengetahui fitur sebenarnya dari konten ini. Dengan demikian, mereka dapat menebak jenis konten sebelumnya. Ini mendorong indeks web untuk menampilkan konten sesuai dengan legitimasinya. Saat mengoptimalkan situs Anda untuk SERP lokal, sertakan title labels dan meta descriptions untuk “kata kunci + kota/negara bagian/negara Anda”. Ini memungkinkan Google untuk menampilkan situs Anda dengan jelas untuk item pencarian lokal dan meningkatkan volume lalu lintas organik ke situs dari lokasi tertentu.
Ingatlah Preferensi Bahasa
Saat Anda meningkatkan situs web Anda untuk SERP lokal, menjadi suatu keharusan bagi Anda untuk dapat mengingat preferensi terminologi dari populasi umum (yang tinggal di wilayah tersebut). Misalnya, jika Anda mengoptimalkan situs web Anda untuk area lokal, tulis konten dalam Bahasa Inggris Amerika dan tingkatkan dengan sempurna untuk audiens lokal. Selalu ingat bahwa situs web Anda dilihat oleh semua jenis individu. Jadi, jaga agar komposisi bahasa konten tetap sederhana sejauh mungkin. Dalam kasus seperti ini, Google menganggap konten situs Anda sangat membantu untuk kelompok audiens target yang difokuskan dan menampilkannya atau halaman-halamannya dalam pencarian lokal.
Skema Bisnis Lokal
Dengan menggunakan Schema, Anda tentu dapat mengkategorikan data penting utama di situs Anda. Meskipun Google cukup cerdik untuk menjalankan kewajibannya sendiri, tetapi algoritmanya perlu bekerja keras untuk melarang situs dan halaman situs web yang paling valid untuk kueri lokal. Pekerjaan Google menjadi lebih mudah jika Anda menambahkan data yang relevan ke situs Anda, seperti nomor telepon, wilayah metropolitan, dll. Menambahkan skema ke halaman adalah salah satu praktik tersebut. Hal ini ditentukan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan templat web yang tepat dan CMS yang Anda gunakan untuk menjalankan situs web Anda.
Tambahkan Google Bisnisku ke Situs Web Anda
Google Bisnisku adalah sahabat sejati semua pakar SEO yang meningkatkan situs untuk SEO lokal. Untuk menambahkan instrumen ini ke situs Anda, cukup ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini:
1. Ajukan klaim untuk listing lokal situs web Anda,
2. Selesaikan proses konfirmasi untuk akun Anda,
3. Berikan elemen-elemen bisnis yang tepat dan halus,
4. Tautan ke situs Anda,
5. Gambar bisnis Anda yang berkualitas tinggi.
6. Setelah Anda menyelesaikan halaman ini, kumpulkan ulasan dari pelanggan dan tetapkan kriteria untuk cantuman lokal situs Anda atau halaman-halamannya. Google akan menampilkan situs Anda/halaman-halamannya dalam item pencarian lokal sesuai dengan pengaturannya.
Lakukan Login Secara Berkala
Google telah menjelaskan bahwa mereka dapat menghentikan akun-akun yang tidak memiliki aktivitas selama enam bulan atau bahkan lebih. Dengan cara ini, Anda harus masuk ke akun Google Bisnisku secara konsisten. Ini akan membantu situs Anda mempertahankan posisinya yang baik di daftar lokal.
Kutipan
Aspek kutipan merupakan salah satu faktor utama saat Anda memaksimalkan situs web Anda untuk SERP lokal. Hal ini karena Google menggunakan sekelompok direktori dan situs daftar tertentu untuk memperoleh info dan menggunakannya untuk mengirim situs web Anda. Jika situs web Anda ada di Google Bisnisku, tetapi tidak tersedia di tempat lain di Internet Global, maka Google mungkin memiliki sedikit gambaran apakah situs web Anda benar-benar ada atau tidak. Jadi, dapatkan kutipan tanpa gagal. Hal ini dapat membantu situs web Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik di SERP lokal dengan kata kunci dan frasa kunci berkinerja rendah dan tinggi di bawah pasar Anda.
Kata-kata Terakhir
SEO lokal dapat menjadi bagian penting dari pemasaran situs web daring masa kini. SEO dapat membantu pengusaha meningkatkan kehadiran situs web di lokasi tertentu dan mengembangkan bisnis lokal mereka dengan pesat. Cukup ikuti kiat-kiat yang disebutkan di atas untuk mendapatkan hasil yang diinginkan sambil mengoptimalkan situs web Anda untuk SERP lokal.