Pernahkah Anda mendengar statistik bahwa jutawan memiliki hingga tujuh aliran pendapatan? Itu tujuh cara berbeda mereka menghasilkan uang setiap bulan. Sekarang lihatlah bisnis Anda; berapa banyak aliran pendapatan yang Anda miliki?
Jika jawabannya adalah satu, maka inilah saatnya untuk membuka bagian kreatif dari otak Anda dan menciptakan lebih banyak aliran pendapatan. Salah satu pilihannya adalah produk pendapatan pasif.
“Pendapatan pasif” adalah istilah yang keliru. Menciptakan produk atau menyiapkan berbagai bentuk pendapatan masih membutuhkan usaha. Namun perbedaannya adalah aliran pendapatan ini dapat bermanfaat bagi Anda—hampir secara otomatis—untuk tahun-tahun mendatang.
Manfaat Penghasilan Pasif
1. Tingkatkan keuntungan laba Anda. Ini adalah manfaat yang paling nyata, namun patut disebutkan, karena siapa yang tidak ingin mendapat lebih banyak keuntungan? Dan (seperti yang mungkin Anda ketahui) membatasi latihan Anda pada pelatihan 1:1 dapat menjadi sebuah proposisi “pesta atau kelaparan”. Aliran pendapatan pasif dapat membantu Anda melewati masa “kelaparan”.
Namun, bahkan di saat “pesta”, penghasilan Anda dari pelatihan 1:1 terbatas pada jumlah klien yang dapat Anda tangani. Aliran pendapatan pasif dapat membantu menghilangkan “pagu pendapatan” tersebut dan menciptakan bantalan.
2. Dapatkan kembali waktu di hari Anda. Tunggu dulu… Saya tahu saya baru saja mengatakan bahwa menciptakan produk dan sumber pendapatan lainnya membutuhkan waktu! Namun mari sejenak bersama saya dan pikirkan tentang bagian belakang proses, ketika aliran pendapatan Anda sudah benar-benar siap, dan pekerjaan di awal telah selesai. Dengan rencana pemasaran yang kuat, Anda dapat dengan mudah mendapatkan uang dari aliran pendapatan pasif ini bahkan saat Anda tidur. Itu berarti Anda dapat berangkat lebih awal atau mengambil cuti seharian untuk bersenang-senang, karena produk “pasif” Anda masih menghasilkan uang.
3. Tingkatkan kredibilitas Anda dengan membantu lebih banyak orang. Pikirkan penghasilan pasif sebagai cara untuk berbagi keahlian Anda dengan audiens yang terus bertambah. Bayangkan sebuah bola salju di puncak gunung yang mewakili Anda dengan lingkaran dalam klien pembinaan Anda. Saat bola salju bergerak menuruni bukit, ia mengumpulkan lebih banyak salju hingga mencapai ukuran raksasa. Hal yang sama juga berlaku pada Anda. Saat Anda menjangkau lebih banyak orang, dan memberikan panduan melalui buku, webinar, atau kursus, peningkatan paparan dan informasi dari mulut ke mulut akan meningkatkan pengetahuan Anda dan menunjukkan keahlian Anda kepada lebih banyak orang. Ini semua dapat menghasilkan peningkatan penjualan dan banyak orang yang memuji pekerjaan Anda. Jadi (setidaknya dalam kasus ini) efek bola salju adalah hal yang sangat bagus!
Merencanakan Penghasilan Pasif Anda
Sekarang setelah saya berharap dapat memberi tahu Anda manfaat memiliki aliran pendapatan pasif, sekarang saatnya merencanakan aliran apa yang seharusnya untuk bisnis Anda. Penghasilan pasif termasuk pemasaran afiliasi, langganan keanggotaan, atau menulis buku. Namun sejauh ini yang paling populer dan menarik adalah membuat kursus atau produk digital berdasarkan spesialisasi pelatihan Anda.
Produk digital memungkinkan Anda menyelesaikan masalah orang lain dari kenyamanan rumah Anda. Dan pelanggan Anda segera mendapatkan jawaban atas pertanyaan khusus mereka, dan dalam format yang dapat mereka gunakan—komputer di rumah, atau ponsel cerdas mereka.
“Produk digital yang sukses memiliki potensi pendapatan yang hampir tidak terbatas, dan ada lusinan contoh pemasar digital yang sukses menghasilkan jutaan dolar setiap tahun dari produk yang mereka rilis beberapa tahun lalu.” – CM Burns, BigHappyProfits.com
Bayangkan seperti apa bisnis & kehidupan Anda, misalnya, jika Anda memiliki kursus online sendiri…
✓ Siswa bersemangat untuk belajar dari Anda
✓ Bekerja lebih sedikit sambil mengubah lebih banyak kehidupan (dan tanpa melelahkan diri Anda dengan klien 1:1)
✓ Membangun kredibilitas Anda & menjadi otoritas di niche Anda
✓ Tidak ada lagi batasan penghasilan Anda
Dengan membuat kursus digital, Anda akhirnya akan memiliki aset bisnis berharga yang dapat Anda luncurkan & jual berulang kali.
Menciptakan Produk Anda
Ada banyak langkah yang terlibat dalam menciptakan suatu produk, tetapi setelah Anda menyelesaikan satu langkah, membuat yang lain akan lebih mudah. Saat membuat produk digital, Anda ingin memastikannya relevan dengan topik utama yang Anda minati. Jadi, jika Anda seorang pelatih kesehatan, Anda ingin produk Anda membahas masalah kesehatan, bukan masalah karier. Selain itu, Anda ingin lebih menyempurnakannya dengan menanyakan audiens Anda apa yang mereka butuhkan. Ini adalah sesuatu yang dapat Anda tentukan melalui survei singkat atau hanya dengan mencatat pertanyaan-pertanyaan yang sering mereka tanyakan.
Selanjutnya Anda perlu melakukannya mengesahkan produk, periksa kembali untuk memastikan produknya benar. Tanyakan kepada klien apakah itu akan membantu dan/atau relevan. Ajukan pertanyaan tentang hal itu di forum. Anda bahkan dapat melakukan prapeluncuran dengan klien berharga untuk menguji produk untuk Anda. Saya memiliki seorang rekan yang saya berikan produk saya sebagai imbalan atas evaluasinya terhadap produk tersebut.
Kemudian Anda perlu menulis konten untuk meluncurkan dan mempromosikan produk Anda, dan terakhir, menentukan harga Anda.
Meluncurkan Produk Anda
Saat Anda meluncurkan suatu produk, Anda memerlukan serangkaian email antisipasi dan serangkaian email peluncuran.
1) Email antisipasi membangun kegembiraan. Mereka harus mendidik audiens Anda tentang topik yang Anda sukai (dan topik yang terkait dengan kursus yang Anda jual). Dan beri mereka teaser untuk produk tersebut.
2) Luncurkan email, buat penawaran. Mereka mengatakan bahwa produknya sudah siap dan menunjukkan di mana orang bisa membelinya.
Seperti yang dikatakan pemasar ini:
“Dengan peluncuran saya, saya membangun antisipasi dalam hitungan minggu, bukan bulan atau tahun. Setiap kali saya membicarakannya, kemungkinan pembeli menjadi semakin bersemangat. Kemudian saya memberikan tanggal yang jelas kapan produk tersebut akan diluncurkan dan tersedia untuk dibeli.
“Sehari sebelum peluncuran, saya mengirimkan email terperinci yang menyediakan setiap informasi yang dibutuhkan pelanggan saya untuk melakukan pembelian. Email ini mencakup keunggulan produk, informasi harga, bahkan jawaban pertanyaan umum (yang sebenarnya belum pernah ditanyakan).
“Satu hal yang tidak disertakan dalam email adalah link untuk membeli produk. Sebaliknya, saya memberi tahu mereka kapan tepatnya produk tersebut akan tersedia (besok pukul 08.00 WIB) dan mengharapkan email lain dari saya pada saat itu.” – Nathan Barry, Pendiri, ConvertKit.com
Jika peluncuran Anda berjalan selama 5 hari, Anda memerlukan setidaknya 5 email. Saya telah berada di beberapa daftar di mana mereka mengirimkan dua email sehari—terkadang email yang sama tetapi baris subjeknya berbeda. Bagi saya itu berlebihan, tapi itu tergantung pada audiens Anda seberapa sering mengirim email kepada mereka. Ingatlah bahwa mereka mungkin tidak membaca semua emailnya. Jadi tidak ada salahnya mengirimkan lebih dari satu.
Menciptakan Urgensi
Berikut empat cara mudah agar pelanggan langsung membeli sekarang:
1. Harga obral atau promosi akan segera berakhir
2. Membuat produk tersedia untuk jangka waktu terbatas
3. Memberikan bonus tambahan hanya tersedia untuk x jumlah pelanggan pertama
4. Batasi jumlah yang tersedia untuk dijual
Pilih satu atau dua strategi berikut yang sesuai dengan audiens Anda. Dengan perencanaan yang matang, urgensi email peluncuran Anda dapat meningkatkan penjualan.
Kesimpulannya
Bekerja dengan klien secara tatap muka memang bagus, tetapi itu tidak harus menjadi model bisnis Anda secara keseluruhan. Anda perlu memiliki sumber pendapatan lain yang melengkapi program pelatihan Anda. Lagi pula, berapa kali Anda mengalami sebulan tanpa klien baru? Dengan sumber pendapatan lain, skenario tersebut tidak terlalu menyakitkan.
Jika orang belum mengenal Anda, mereka mungkin tidak akan mengeluarkan $1000 untuk program pelatihan. Namun mereka mungkin bersedia mengambil risiko pada Anda untuk sesuatu yang berharga $50 atau kurang—karena risikonya rendah bagi mereka.
Kabar baiknya adalah itu Anda BISA menciptakan penghasilan pasif dengan produk digital kelas bawah, dan, jika Anda memerlukan bantuan,
Pelajari cara membuat, mengemas, dan meluncurkan produk digital kelas bawah di sini: https://contentcreationtoolkit.com/low-end-offer