Jika Anda adalah pemilik bisnis dan memiliki rencana untuk memulai kampanye pemasaran digital, pastikan Anda menghindari beberapa kesalahan umum. Pertama-tama, penting untuk mengetahui fakta bahwa pemasaran digital bukanlah tugas yang sederhana. Karena melibatkan banyak hal seperti iklan berbayar, pemasaran konten, dan SEO, kesalahan sering terjadi. Artikel ini membahas beberapa kesalahan umum yang harus Anda hindari jika ingin kampanye Anda berhasil. Baca terus.
1. Tidak Memiliki Tujuan yang Realistis
Jika Anda tidak memiliki rencana penandaan digital yang terfokus, Anda tidak dapat membuat kampanye pemasaran yang efektif. Tanpa adanya tujuan tertentu, Anda tidak akan mencapai apa pun. Karena kampanye Anda tidak terfokus, Anda tidak akan dapat mencapai sasaran dalam jangka waktu tertentu.
Tanpa adanya tujuan yang realistis, bisnis Anda tidak akan berkembang sama sekali. Masalahnya adalah tujuan yang tidak realistis adalah sumber keputusasaan. Tujuan seperti ini tidak dapat dicapai, apa pun yang Anda lakukan.
Selain itu, Anda perlu melacak tujuan Anda untuk mengetahui seberapa besar kesuksesan yang telah Anda peroleh sejauh ini. Ini juga akan membantu Anda mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Jadi, pastikan tujuan Anda spesifik, terukur, realistis, sensitif terhadap waktu, dan dapat dicapai.
2. Tidak Menargetkan Audiens yang Relevan
Tidak menargetkan audiens yang tepat adalah kesalahan umum pemasaran digital lainnya. Demikian pula, jika Anda ingin memfokuskan audiens yang terlalu luas, Anda akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Karena Anda ingin menjangkau sebanyak mungkin orang, Anda mungkin berkecil hati ketika tidak melihat mereka membeli produk atau layanan Anda.
Menargetkan audiens yang salah bukanlah ide yang baik dan pada akhirnya Anda akan membuang banyak waktu dan uang. Yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan konten yang relevan dengan audiens yang relevan. Sebelum Anda menargetkan kampanye, Anda harus mempertimbangkan parameter berikut:
- Kebiasaan membeli
- Hobi
- Minat
- Demografi
3. Mengabaikan Desain Website Anda
Di era digital ini, memiliki user-friendly adalah suatu keharusan, terutama bagi para pebisnis. Jadi, Anda tentu tidak ingin mengabaikan aspek situs web bisnis Anda ini. Dengan kata lain, situs web Anda harus mudah digunakan dan menawarkan informasi berharga. Tidak mengoptimalkan situs Anda buruk dalam hal pengalaman pengguna, dan Anda akan tertinggal dalam persaingan.
Situs web yang baik harus menampilkan bilah pencarian sederhana, keranjang belanja, gambar, dan tombol ajakan bertindak.
4. Tidak Bekerja pada Search Engine Optimization (SEO)
SEO membantu Anda mencari bisnis Anda di mesin pencari utama, terutama Google. Jadi, jika Anda tidak mempertimbangkan aspek ini saat mengoptimalkan konten web, Anda akan kehilangan banyak calon pelanggan dan klien.
Salah satu kesalahan pemasaran online terbesar yang dilakukan bisnis dengan SEO adalah tidak memberikan cukup waktu untuk mulai menunjukkan hasil. SEO membutuhkan kesabaran. Sebagai imbalannya, kampanye Anda akan berkembang seiring waktu dan memberikan hasil yang Anda inginkan.
Selain memasukkan kata kunci yang relevan ke dalam konten, Anda harus mengikuti beberapa praktik SEO yang baik. Beberapa dari mereka terdaftar di bawah ini:
- Optimalisasi tag judul
- Optimalisasi waktu buka halaman situs web Anda
- Pengiriman konten yang informatif dan bertarget
5. Tidak Fokus pada Pelanggan yang Sudah Ada
Jika Anda hanya mencoba menarik pelanggan baru, Anda membuat kesalahan besar. Anda juga harus fokus pada pelanggan yang sudah ada untuk menikmati tingkat konversi yang lebih tinggi.
Singkatnya, inilah 5 kesalahan umum pemasaran digital yang harus Anda hindari sebagai pemilik bisnis di tahun 2021.